Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Yang Baik Dan Benar

Teknik dan cara budidaya tanaman jagung manis yang baik dan benar - Kini semakin banyak diminati seiring dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap jagung manis. Jagung manis dapat diolah menjadi berbagai makanan dan dapat pula dimakan dalam bentuk jagung yang direbus atau dibakar. Rasanya yang manis alami karena kandungan gula yang rendah didalamnya, membuat jagung kini kian banyak diminati terutama bagi para penderita diabetes

Tingkat konsumsi jagung manis yang kian bertambah membuat banyak petani ingin membudidayakan tanaman ini. Teknik penanaman yang tepat serta cara budidaya yang benar akan menghasilkan panen jagung manis yang bagus, melimpah, dan berkualitas. Jagung manis tidak hanya bisa ditemukan dipasar tradisional, pemasarannya kini sudah masuk ke dalam swalayan dan supermarket ternama.

gambar budidaya tanaman jagung hibrida 2016

Seperti jenis tanaman perkebunan yang lain, tanaman jagung manis ini juga rentan terserang hama dan penyakit layaknya tanaman padi. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui serta mempelajari teknik dan cara penanaman yang benar jika hendak melakukan budidaya tanaman jagung manis. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa ditempuh dalam penanaman jagung manis agar memperoleh hasil yang memuaskan.

  1. Pemilihan bibit jagung manis

  2. Tahap awal yang harus dilakukan adalah memilih bibit jagung manis yang berkualitas baik. Bibit inilah yang nantinya akan tumbuh dan berkembang menghasilkan jagung-jagung berkualitas. Bibit berkualitas baik biasanya merupakan jenis varietas unggul dan tahan terhadap hama dan penyakit. Pemilihan bibit merupakan faktor utama yang harus diperhatikan agar hasil panen melimpah. Memperoleh bibit jagung manis berkualitas bisa anda lakukan dengan membeli langsung di toko pertanian atau bisa berkonsulatasi kepada petani lain yang telah suskes menanam jagung manis.
  3. Pengolahan Lahan

  4. Untuk menghasilkan tanaman jagung yang berkualitas, maka siapkanlah lahan dengan sebaik mungkin sebagai media tumbuh kembang tanaman jagung. Cangkulah lahan supaya menjadi gembur, kemudian diamkan selama satu minggu. Cara ini juga berguna untuk membunuh tanaman liar yang nantinya dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung. Campurlah tanah media tanam dengan pupuk kandang untuk menunjang kesuburan tanaman jagung nantinya. Buatlah jalur aliran air agar air tidak menggenangi batang tanaman jagung.
  5. Menanam Jagung manis

  6. Setelah lahan siap untuk ditanami, berikutnya adalah menanam bibit jagung manis pada lahan tersebut. Caranya dengan membuat lubang sedalam 5 cm, jarak antar lubang satu dan yang lain sekitar 30 cm. Masukkan satu butir bibit jagung kedalam satu lubang, lakukan terus menurus hingga semua lubang terisi dengan bibit kemudian tutup lubang dengan sedikit tanah.
  7. Penyulaman tanaman

  8. Setelah bibit jagung tumbuh dan berusia satu minggu, anda bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui bibit yang gagal tumbuh. Bibit yang gagal bisa anda ganti dengan bibit yang baru
  9. Perawatan tanaman jagung

  10. Bibit jagung yang telah tumbuh dan berusia sekitar 2 minggu, biasanya disekitar tanaman akan tumbuh rumput liar dan gulma. Jika tidak dibersihkan akan menggangu pertumbuhan jagung manis.

    Bersihkan tanaman pengganggu tersebut dengan mencabutnya  atau bisa dengan mencangkulnya secara perlahan. Hindari penggunaan pestisida yang berlebihan agar tanaman jagung bebas dari bahan kimia.

    Lakukan penyiraman secara rutin agar lahan tidak kering dan terjaga kelembabannya. Jika musim hujan, anda tidak perlu sering menyiram tanaman jagung agar airnya tidak berlebihan.

    Untuk menjaga batang tanaman tetap kuat tidak mudah patah, buatlah gundukan tanah dibagian batang bawah tiap tanaman. Ketika jagung sudah berumur 2 bulan, anda bisa memberikan pupuk terhadap tanaman ini agar kesuburannya tetap terjaga. Gunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.
  11. Pemanenan

  12. Pemanenan jagung manis yang utama adalah pada saat jagung berumur 65 sampai 75 hari. Pada umur tersebut, tanaman jagung manis memiliki tongkol yang besar dan sangat bagus untuk dikonsumsi karena biji didalamnya masih manis dan belum keras.

Demikianlah teknik dan cara budidaya tanaman jagung manis yang baik dan benar yang bisa anda praktikkan untuk menghasilkan panen jagung yang melimpah dan berkualitas bagus.

0 komentar

Posting Komentar