Kumpulan Nama Jenis Tanaman Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kumpulan Nama Jenis Tanaman Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan - Tercipta banyak sekali hal yang dapat dimanfaatkan untuk kebaikan kita, salah satunya tanaman. Pada tanaman tertentu, terdapat beberapa fungsi yang berkaitan dengan kesehatan.

Penting bagi anda untuk tahu tentang kumpulan nama jenis tanaman yang erat kaitannya dengan kesehatan. Dengan mempelajari nama jenis tanaman dan manfaatnya untuk kesehatan dapat memberikan perluasan pada wawasan anda tentang dengan pengobatan tradisional.


tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya 2016
 
Di kehidupan yang serba praktis ini kian banyak orang-orang yang melupakan sistem pengobatan tradisional. Padahal obat tradisional lebih manjur jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang juga memiliki efek samping. Anda bisa memperoleh obat-obatan tradisional dari tanaman.


Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dengan adanya perkembangan pada sektor tenaga medis dan pengobatan bukan berarti anda harus melupakan tentang tanaman obar beserta manfaatnya bagi kesehatan. Anda dapat menanam beberapa tanaman obat berikut ini di pekarangan rumah anda. Apa saja tanaman tersebut?
  1. Temulawak
  2. Nama latin dari tanaman berikut ialah curcumamaxanthorrhiza. bermanfaat untuk menambah nafsu makan seseorang, mengobati penyakit hepatitis B, serta dapat pula diaplikasikan untuk mengobati anemia dan mengatasi masalah jerawat.
  3. Tongkat bumi atau pasak ali
  4. Berikut merupakan jenis tanaman obat yang sangat baik dampaknya untuk para pria. Hal ini dikarenakan dapat memberikan perbaikan pada kadar testosteron yang dapat meningkatkan gairah serta mengobati ejakulasi dini. Biasanya tanaman berikut banyak tumbuh di daerah Kalimantan.
  5. Lengkuas
  6. Tanaman lengkuas tidak hanya dapat digunakan untuk penyedap rasa saja. Melainkan dapat dipergunakan untuk obat herbal. Bisa mengobati beberaap penyakit seperti: limfa, tumor, sakit kepala, diare, serta rematik radang.
  7. Blimbing wuluh
  8. Buah dengan rasa asam ini memang biasa digunakan untuk sayur, namun selain bermanfaat untuk kegiatan dapur, ternyata manfaat blimbing wuluh juga berkhasiat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, sariawan, gondongan, hingga pegal linu.
  9. Lidah buaya
Tanaman yang dapat diimplementasikan untuk kecantikan ini juga dapat dialihkan menjadi sebuah obat untuk penyakit tertentu, seperti: diabetes, radang tenggorokan, sembelit dan dapat difungsikan untuk menghilangkan jerawat serta masalah kecantikan lain.

Cara Budidaya Tanaman Obat Keluarga

Berbagai tanaman obat tersebut dapat anda budidayakan dengan mudah di pekarangan maupun halaman rumah. Tanaman obat dapat digunakan untuk berjaga-jaga jika keluarga atau orang terdekat mengalami suatu penyakit. Lalu bagimana cara budidayanya? Ikuti langkah berikut!
  1. Tata kelola tanah
  2. Usahakan menanam tanaman obat pada tanah kering. Kelola tana ini memiliki tujuan utnuk mempersiapkan tempat atau media tumbuh yang tepat bagi pertumbuhan tanaman. Sehingga unsur ph tanam juga perlu diperhatikan.
  3. Cara penanaman
  4. Terdapat dua cara untuk penanaman, yakni dengan penanaman bahan tanaman atau benih yang dilakukan langsung pada lahan, serta persemaian terlebih dulu baru dipindahkan ke lahan yang sudah dipersiapkan. Dengan tidak diperlakukannya cara tersebut akan meningkatkan tingginya angka kematian pada tanaman.
  5. Perawatan tanaman
  6. Anda harus merawat tanaman dengan baik, seperti membasmi gulma atau hama. Bila perlu berikan pupuk agar tanaman namapk tumbuh subur. Jika terdapat anggota keluarga yang mengalami sakit, anda dapat melakukan upaya pengobatan menggunakan tanaman tradisional yang anda tanam di halaman rumah. Tentunya cara berikut cukup efektif bagi anda sekeluarga. Jadi sudah jelas bukan jika dengan mengetahui kumpulan nama jenis tanaman dan manfaatnya untuk kesehatan ini dapat membantu anda untuk memberikan rasa aman terhadap keluarga anda.

1 komentar:

  1. artikel ini sangat bagus sekali. semoga makin banyak orang yang membacanya dan mengambil manfaat dari artikel ini. IAS Group Fabrication

    BalasHapus