Mengenal Morfologi dan Klasifikasi Bunga Mangga Part II

mengenal morfologi dan klasifikasi bunga mangga part II biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang, jarang sekali yang bertangkai panjang, berbau harum. Kelopak bunga biasanya bertaju 5, demikian juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yang 4 sampai 8.

Warnanya kuning pucat, sedangkan pada bagian tengah terdapat garis timbul berjumlah 3 sampai 5 yang warnanya sedikit tua. Bagian tepi daun mahkota berwarna putih. Pada waktu akan layu, warna mahkota bunga tadi menjdai kemerahan.

gambar benag sari mangga buah
benang sari mangga buah




Benang sari berjumlah 5 buah, tetapi yang subur hanya satu atau dua buah sedangkan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hampir sama panjang dengan putik, yakni kira kira 2 mm sedangkan yang sterill lebih pendek.

Kepala putik berwarna kemerah-merahan akan berubah warna menjadi ungu pada waktu kepala sasri membuka untuk memberi kesempatan kepada tepung sari yang telah dewasa untuk menyerbuki kepala putik. Bentuk tepung sari biasanya bulat panjang, lebih kurang 20-35 mikron.

Bakal buahnya tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pada suatu piringan. Mengenal morfologi dan klasifikasi bunga mangga part ii selanjutnya ialah Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sederhana. Dalam suatu bunga kadang kadang terdapat tiga bakal buah

0 komentar

Posting Komentar