Mengenal Morfologi dan Klasifikasi Bunga Mangga Part I

Masih seputar pohon mangga, pembahasan kali ini lebih fokus pada tema Mengenal morfologi dan klasifikasi bunga mangga part I yang mana sangat jarang dibahas oleh para blogger karena minimnya referensi yang ada.

Berumah satu (monoecious) ia merupakan bunga majemuk yang berkarang dalam malai bercabang banyak di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada juga yang gundul, kuning kehijauan samapi 40 cm panjangnya.


gambar bagian bunga mangga



Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yang mempunyai banyak cabang utama. Setiap cabang utama ini mempunyai banyak cabang cabang yakni  cabang kedua. Ada kemungkinan cabang bunga ke dua ini mempunyai suatu kelompok yang terdiri dari 3 bunga atau mempunyai cabang tiga.

Setiap kelompok  tiga bunga terdiri dari tiga kuntum bunga dan setiap kuntum bertangakai pendek dengan daun kecil. Jumlah bunga pada setiap majemuk bisa mencapai 1000-6000.

Artikel lainnya terkait mangga pohon dan buah :


Bunga bunga dalam karangan berkelamin campuran, ada yang jantan dan ada pula yang hermafrodit (berkelamin dua) Besarnya bunga lebih kurang 6-8 mm. Bunga jantan lebih banyak daripada bunga hermafrodit, dan jumlah jumlah bunga hermafrodit inilah yang menentukan terbentuknya buah.


Demikian Mengenal morfologi dan klasifikasi bunga mangga part I adapun Presentase bunga hermafrodit bermacam macam, tergantung dari varietasnya yaitu antara 1,25-77,9%, sementara yang mempunyai bakal buah normal kira-kira5-10%. Sekian dulu untuk pembahasan selanjutnya akan disambung pada part II

0 komentar

Posting Komentar