Skip to main content

Mengenal Ciri Ciri Pohon Mangga (akar + daun)

Table Of Content [Close]
    Apa yang menjadi Ciri Ciri Pohon Mangga (akar + daun)? Jika pada artikel sebelumnya telah kami sajikan detail tentang nama latin mangga serta cara budidaya merawat tanaman mangga madu, maka sekarang akan kita coba untuk lebih mengenal apa saja yang bisa dijadikan ciri mulai dari akar dan daun.

    Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi hingga 40 m atau lebih, meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau bisa jadi kurang. Batang mangga tegak bercabang agak kuat, dengan daun daun lebat membentuk tajuk yang indah mirip bentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 m.


    Kulit batang tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna kulit batang yang sudah tua biasanya cokelat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.

    Baca :

    helai daun mngga


    Akar Tunggang Mangga

    Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6m, akar cabang makin kebawah semakin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30-60 m


    Helai Daun Mangga

    Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun berbariasi dari 1,25-12,5 cm. Bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8 tetapi makin mendekati ujung letaknya makin berdekatan sehingga nampaknya seperti dalam lingkaran.


    Helai daun bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset 2-10 x 8-40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip  dengan tepi daun bergelombang dan ujung melancip, dengan 12-30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga yang harus anda kenal
    • Lonjong, ujungnya seperti mata tombak
    • Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing seperti mata tombak
    • Berbentuk segi empat, tetapi ujungnya runcing
    • Berbentuk segi empat dengan ujung membulat
    Daun muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan yang dikemudian hari akan berubah pada bagian pemukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda.


    Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lebih. Untuk referensi lainnya yang tak kalah lengkap silahkan buka pembahasan kami disini. Adapun ciri ciri pohon mangga (akar + daun) lainnya bisa pembaca tambahkan pada kotak komentar dibawah ini atau hanya ingin sekedar mengoreksi juga kami persilahkan