Mengenal Ciri Ciri Pohon Mangga (akar + daun)

Apa yang menjadi Ciri Ciri Pohon Mangga (akar + daun)? Jika pada artikel sebelumnya telah kami sajikan detail tentang nama latin mangga serta cara budidaya merawat tanaman mangga madu, maka sekarang akan kita coba untuk lebih mengenal apa saja yang bisa dijadikan ciri mulai dari akar dan daun.

Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi hingga 40 m atau lebih, meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau bisa jadi kurang. Batang mangga tegak bercabang agak kuat, dengan daun daun lebat membentuk tajuk yang indah mirip bentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 m.


Kulit batang tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna kulit batang yang sudah tua biasanya cokelat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.

Baca :

helai daun mngga


Akar Tunggang Mangga

Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6m, akar cabang makin kebawah semakin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30-60 m


Helai Daun Mangga

Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun berbariasi dari 1,25-12,5 cm. Bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8 tetapi makin mendekati ujung letaknya makin berdekatan sehingga nampaknya seperti dalam lingkaran.


Helai daun bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset 2-10 x 8-40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip  dengan tepi daun bergelombang dan ujung melancip, dengan 12-30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga yang harus anda kenal
  • Lonjong, ujungnya seperti mata tombak
  • Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing seperti mata tombak
  • Berbentuk segi empat, tetapi ujungnya runcing
  • Berbentuk segi empat dengan ujung membulat
Daun muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan yang dikemudian hari akan berubah pada bagian pemukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda.


Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lebih. Untuk referensi lainnya yang tak kalah lengkap silahkan buka pembahasan kami disini. Adapun ciri ciri pohon mangga (akar + daun) lainnya bisa pembaca tambahkan pada kotak komentar dibawah ini atau hanya ingin sekedar mengoreksi juga kami persilahkan

11 komentar:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari Manisan kolang kaling

    BalasHapus
  2. Kami Master biibt.com Jual Bibit Aneka melayani kerjasama dengan intansi terkait baik itu instansi pemerintah/swasta untuk program penghijauan atau reboisasi, reklamasi paska tambang maupun untuk program umum lainnya salam kenal :)

    BalasHapus
  3. "thanks infonya Bisnis Jual Bibit ini sangat menjanjikan kedepannya.
    Hal ini lantaran permintaan jual bibit tanaman ini masih sangat besar.
    Selain itu, bibit tanaman ini juga selalu di cari baik untuk reboisaasi atau lainnya. tetapi pen jual bibit belum banyak. seperti bibit jahe merah , bibit kroto , bibit kelapa kopyor di pasaran permintaannya masih tinggi.
    "

    BalasHapus
  4. thanks infonya Bisnisnya. Bisnis jual bibit ini sangat menjanjikan kedepannya.
    Hal ini lantaran permintaan bibit tanaman ini masih sangat besar.
    Untuk saat ini penjual bibit tanaman atau lainnya ini juga selalu di cari baik untuk reboisaasi atau lainnya. tetapi budidaya belum banyak.
    seperti bibit jahe merah, bibit kroto , bibit kelapa kopyor di pasaran permintaannya masih tinggi.
    Dan harga jahe merah, harga kroto , harga kelapa kopyor cenderung selalu naik.
    Mungkin karena yang budidaya jahe merah, budidaya kroto , atau ternak kroto , bibit kelapa kopyor masih sangat sedikit.
    Tentu ini adalah usaha rumahan , atau usaha sampingan yang sangat mengiurkan
    .


    BalasHapus
  5. terimakasih banyak informasinya gan sangat bagus dan membantu ,salam dari kami Resep membuat kecimpring kang emus Preman Pensiun
    , terus update agar saya bisa terus dapat informasi yang bermanfaat dari agan ,

    BalasHapus
  6. bagi anda yang memiliki lahan pekarangan terbatas mungkin bisa mempertimbangkan tabulampot mangga, panduannya ada di http://solusikebun.com

    BalasHapus
  7. Mantap gan informasinya,, ditunggu artikel lainnya ya..

    BalasHapus
  8. ijin copas gan untuk tugas sekolah adik ane...
    thanks before...

    BalasHapus
  9. izin nyimak ya gan.. newbie nih dalam tanam menanam

    BalasHapus