Asal Usul Buah Naga, Dari Negara Mana?

buah naga langka, buah naga merah


Darimana asal usul buah naga? Apakah benar buah naga merupakan buah langka?  Buah berwarna merah ini atau lebih dikenal diluaran dengan sebutan dragon fruit memang sangat langka dan sedikit orang saja yang tahu perihal ini, apalagi di negara kita indonesia raya.

Buah yang satu ini teramat asing dan belum terlalu populer seperti buah jeruk. Sekilas nama buah ini sedikit nampak gagah berani apalagi dengan bentuk kulitnya yang menyerupai ular naga. Belakangan ini buah naga mulai naik daun alias ngetop banyak dicari orang pasalnya khasiat serta kandungan intisari si buah merah ini dipercaya sangat bagus untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, memperlancar peredaraan darah,  mengurangi tekanan emosi serta dapat menetralisir racun dalam aliran darah.

Walhasil keberadaan buah naga lambat laun mulai dikenal serta dibeli orang sekarang ini khususnya untuk wilayah perkotaan banyak sekali dijual di tempat perbelanjaan khususnya di swalayan/hypermart/yogya. Bagaimana pendapat anda apakah buah naga langka ...?


Karakteristik Tanaman Naga



gambar pohon buah naga merah seperti kaktus


Seperti apa karakteristik tanaman naga? biar ga penasaran mari kita lanjutkan pembahasan tentang dragon fruit ini. Buah naga termasuk tanaman tropis bisa tumbuh pada curah hujan 600-1.300 mm per tahun.

Temperatur maksimum berkisar 38-40 derajat celcius dengan berat rata-rata berkisar antara 300-500 gram. Buah naga termasuk dalam keluarga kaktus tetapi bukan kaktus biasa melainkan kaktus pemanjat hylocereus undatus, disebut pemanjat karena batangnya memanjat batang tanaman lain ketika ditemukan pertamakali di dalam hutan.

Berbeda dengan karkteristik pohon jati banyak referensi serta gambaran umum sebagai tanaman/pohon kayu sejati, adapun perihal tanaman naga tidak terlalu banyak referensi yang berhasil dikumpulkan oleh bibithijau.blogspot.com tentang karkateristik tanaman naga


Tempat/Daerah Asal Buah Naga

asal bibit buah naga merah


Tak kenal maka tak sayang karena dari sudah terlanjur membahas buah naga maka sekalian saja biar lebih afdal mari kita  teruskan dengan asal muasal buah naga. Sebagian besar sumber menyebutkan bahwa buah ini berasal dari negara meksiko, Amerika selatan, kemudian buah ini mulai dibudidayakan di beberapa negara diantaranya sebagai berikut
  • Taiwan
  • Vietnam
  • Israel (Yahudi)
  • Australia
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang prancis dari guyana ke vietnam sebagai tanaman hias, sementara oleh orang vietnam dan china buah naga dianggap membawa berkah. Kebiasaan mereka selalu meletakan si buah merah ini diantara dua ekor patung naga berwarna hijau diatas meja altar. Warna buah ini sangat mencolok  sekali merah menyala karena itulah orang vietnam kemudian menyebutnya dengan buah naga merah atau thang loy.  

Pada umumnya buah naga dimakan sebagai pelepas dahaga karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Seikitar 90 persen dari berat buah yang rata rata mencapai 0,5-1kg. Rasanya juga cukup manis karena kadar gulanya mencapai 13-18 briks.

Nama buah ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa inggris  dengan dragon fruit, sumber lain mengatakan mengapa buah ini disebut buah naga? karena kulit buahnya yang dipenuhi jumbai jumbai menyerupai sisik seekor naga.

Batang buah berbentuk segitiga dengan duri yang cukup pendek dan tidak mencolok. Sebutan lain yang tak kalah populer untuk buah naga ialah "kaktus tak berduri". Sampai disini belum ada informasi kapan dan bagaimana sejarah buah naga merah bisa sampai ke indonesia. Demikian sekilas tentang asal muasal buah naga 


patung naga hijau dari china
patung naga hijau-pasangan buah naga
gambar buah naga dalam pot merah
tanaman buah naga

0 komentar

Poskan Komentar